PCAB 2023 : Membentuk Relawan Tangguh yang Kompeten dan Berjiwa Kemanusiaan

Penerimaan Calon Anggota Baru (PCAB) KSR PMI Unit UNJ angkatan ke-31 pada tahun 2023 mengusung tema “Membentuk Relawan Tangguh yang Kompeten dan Berjiwa Kemanusiaan”. Dengan tujuan bertambahnya anggota KSR PMI Unit UNJ yang memiliki jiwa kemanusiaan, memiliki pengetahuan dan keterampilan dibiang kepalangmerahaan. Terkusus diharapkan untuk membentuk anggota baru KSR PMI Unit UNJ yang berkualitas, disiplin, bertanggung jawab menguasai bidang kepalangmerahan baik dalam materi maupun praktik. Dengan sasaran mahasiswa aktif Universitas Negeri Jakarta angkatan tahun 2021, 2022, 2023 dan konsep yang terdiri dari bina jasmani, pendidikan dan latihan serta aplikasi lapangan.

Agenda PCAB dimulai dengan sosialisasi selama satu bulan. Berbeda dengan sosialisasi sebelumnya di mana KSR PMI Unit UNJ membuka stand di pelataran Gedung G Kampus A UNJ, pada tahun ini KSR PMI Unit UNJ juga ikut meramaikan dengan menyelenggarakan G-EXPO bersama Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya di Gedung G di Kampus B. Selain itu, media sosial seperti Instagram dan YouTube digunakan untuk mempromosikan kegiatan Penerimaan Calon Anggota Baru.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 17 Agustus hingga 21 September 2023, dan tercatat sebanyak 64 orang yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran, serta 114 orang yang mendaftar melalui G-Form. Setelah mendaftar, para calon anggota mengembalikan formulir dan mengikuti briefing peserta untuk mempersiapkan diri mengikuti diklat.

Calon Anggota Baru KSR PMI Unit UNJ yang di sebut Cakas mengisi runagan Aula Latief di Gedung Dewi Sartrika Lt.2 untuk mengikuti pembukaan Penerimaan Calon Anggota Baru (PCAB) serta mengikuti pendidikan dan latihan hari pertama (Diklat) pada hari Sabtu tanggal 23 September 2023. Hari pertama atau pembukaan diklat dilaksanakan  pada hari Sabtu, 23 September 2022. Pembukaan ini dihadiri oleh Pengurus, Anggota, Alumni, dan Dewan Penasihat KSR PMI Unit UNJ, serta tamu undangan. Kepala sie PMR dan Relawan PMI Jakarta Timur Bpk. Agus Barkah turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara pembukaan.

Pelaksaan pendidikan dan latihan calon anggota baru KSR PMI Unit UNJ berlangsung mulai dari tanggal 23 September hingga 15 Oktober 2023 yang dilaksanakan setiap Sabtu Minggu sebanyak 8 hari. Terdapat 24 materi yang di berikan dalam PCAB tahun ini dengan rincian materi:

  1. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah serta Organisasi PMI
  2. Pengenaklan KSR PMI Unit UNJ
  3. Dasar Pertolongan Pertama
  4. Anatomi Tubuh Manusia
  5. Penilaian Penderita
  6. Psychological First Aid
  7. Donor Darah
  8. Bantuabn Hidup Dasar dan Resusitasi Jantung Paru
  9. Pendarahan dan Syok
  10. Cidera Jaringan Lunak dan Pembalutan
  11. Perawartan Keluarga
  12. Cidera Sistem Jaringan Otot Rangka dan Pembidaian
  13. Pengenalan Obat dan Packing
  14. Cidera Kepala. Leher Dada dan Tulang belakang
  15. Luka Bakar
  16. Pemindahan Orang Luka
  17. Kedaruratan Medis dan Keracunan
  18. Kesehatan Remaja
  19. Water Sanitation
  20. Incident Command System (ICS) & Triage
  21. Masyarakat Aman dan Tangguhu Bencana
  22. TDB (Tanggap Darurat Bencana) & RFL (Restoring Family Link)
  23. Tendanisasi dan Dapur Umum
  24. Teknik Hidup Alam Bebas

Diklat berikutnya diselenggarakan di Gedung Dewi Sartika lantai 10 dan Aula Bung Hatta Lt.2. Pada Diklat ketiga, pendidikan dan latihan dilakukan dengan Cakas dibawa langsung ke Markas PMI Jakarta Timur. Pada Diklat ketujuh, kegiatan dilaksanakan di Kantor PMI Jakarta Timur, di mana Cakas dapat belajar bersama beberapa Pengurus PMI Jakarta Timur secara langsung. Pada hari terakhir Diklat, atau Diklat kedelapan, Cakas terlibat langsung dalam praktik membangun tenda di UNJ, dengan bantuan pemateri dari Eka Citra UNJ. Materi disampaikan oleh individu yang ahli pada bidangnya.

Setelah menyelesaikan Diklat satu hingga delapan, langkah berikutnya adalah Aplikasi Lapangan yang dijadwalkan pada tanggal 21 Oktober 2022. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan secara praktis materi-materi yang telah dipelajari selama diklat. Aplikasi Lapangan ini mencakup beberapa pos yang sesuai dengan berbagai materi diklat, termasuk pertolongan pertama, emergency kit, tenda dan dapur umum, Pertolongan Korban Banyak (PKB), dan proses pelaporan.

Leave a Comment