PELATIHAN MASYARAKAT AMAN DAN TANGGUH BENCANA (MANTAB) KSR PMI UNIT UNJ TAHUN 2023

Pelatihan MANTAB yang merupakan rangakaian terakhir dari program pelatihan dari divisi  PSDM yang berhasil digelar selama enam hari di PMI Jakarta Timur. Pelatihan MANTAB bertujuan agar para peserta dapat menganalisis kerentanan dan ketangguhan masyarakat  suatu daerah. Dilaksanakan pada tanggal 25 – 29 Juli 2023 dengan menekankan pentingnya program pra bencana di masyarakat.

Pelatihan MANTAB memiliki 15 materi yang harus dikuasai oleh peserta pelatihan. Peserta pelatihan diberikan pengalaman untuk terjun langsung bertemu masyaraka dalam proses pembelajarannya. Memetakan kerentanan  wilayah sekitar PMI Jakarta Timur sebagai bentuk latihan langsung bersama masyarakat. Pelatihan MANTAB memiliki kurikulum yang kompleks dengan memperimbangkan masyarakat di dalamnya. Selama empat hari para peserta diberikan pelatihan di dalam dan luar ruangan agarmampu menguasai semua pembelajaran sebelum benar-benar mengaplikasikan ilmu pembelajaran pada simulasi di hari ke-5 pelatihan.

Pada tanggal 28 Juli 2023,  para peserta pelatihan melakukan simulasi kajian analisis EVCA langsung bersama masyarakat Kelurahan Klender. Kelurahan Klender menyambut hangat kedatangan para peserta dengan mengundang kelompok Ibu-ibu Dasa Wisma (DAWIS) dan PPSU sebagai responden dari kajian yang akan dilakukan peserta. Simulasi kajian diakhiri dengan terciptanya kajian analisis kerentanan warga RW 16 Kelurahan Klender.

Di hari ke-6 tanggal 29 Juli 2023, semua peserta pelatihan MANTAB dan Logistik diundang kembali untuk prosesi penutupan kegiatan yang dihari oleh Dr. dr Ruliando Hasea Purba dan Bapak Agus sebagai perwakilan dari PMI Jakarta Timur. Pelatiahan Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana (MANTAB) dan Logistik ditutup dengan acara makan bersama.

 

Leave a Comment