New Normal, New Habit

Istilah New Normal saat ini sedang ramai dibahas. Setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberhentikan pelaksanaannya dan kemuadian digantikan dengan istilah New Normal, masyarakat mulai melakukan aktivitasnya di luar rumah. New Normal bukan berarti Pandemi Covid-19 telah selesai, akan tetapi penyesuaian diri dengan pandemi.

Menurut Yuri, tatanan, kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat inilah yang kemudian disebut sebagai new normal (kemkes.go.id).
Berikut adalah 9 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang harus dijadikan kebiasaan pada New Normal (dinkes.slemankab.go.id).

1. Makan bergizi. Mengkonsumsi makanan bergizi khususnya sumber Vitamin C dan Vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
2. Olah raga teratur. Olah raga teratur dapat menangkal masuknya virus pada tubuh.
3. Sering cuci tangan. Cuci tangan dengan sabun pada air mengalir menjadi faktor yang sangat penting untuk membunuh virus yang menempel di tangan.
4. Hindari menyentuh wajah. Hindari kebiasaan menyentuh area segitiga wajah, yaitu mata, hidung dan mulut , karena melalui pintu inilah virus corona masuk pada tubuh manusia.
5. Pakai masker. Virus corona dapat menular melalui droplet, yaitu cairan yang keluar bersamaan ketika batuk, bersin atau percikan air liur ketika berbicara.

Leave a Comment