LATIHAN GABUNGAN KSR SE-DKI JAKARTA

KSR PMI UNIT UNJ TAHUN 2020

Pada hari Minggu, 2 Agustus 2020, KSR PMI Unit UNJ melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan KSR PMI Se-DKI Jakarta Tahun 2020 melalui seminar online atau webinar. Dengan mengusung tema “Dukungan bagi Relawan, Langkah Awal Penyelamatan”, panitia mengangkat bahasan seputar Pshycological First Aid dan Pshycological Support Program. Turut diundang pula pemateri-pemateri hebat yang ahli dibidangnya yaitu kak Wahyu Nurwasi Rofiah Sakti dan kak Nobelina Adicondro dari PMI Kota Yogyakarta.

Seperti biasa, sebelum memulai kegatan panitia melaksanakan briefing selama 15 menit, terhitung dari jam 07.45 WIB hingga 08.00 WIB. Setelah itu panitia melaksanakan persiapan seperti mengecek koneksi internet, mencoba platform Zoom yang akan digunakan dan menyambungkannya ke channel Youtube KSR PMI Unit UNJ. Peserta dan pemateri mulai memasuki ruang meeting Zoom pada jam 08.15 WIB. Kegiatan pun dimulai pada jam 08.30 WIB, pembukaan dilakukan oleh MC yaitu Anita Farida dengan menyapa para peserta, pemateri serta membacakan susunan acara pada hari itu. Setelah itu MC mempersilahkan ketua KSR PMI Unit UNJ Periode 2019-2020 yaitu Ivan Hafidhuddin untuk menyampaikan sambutannya, dilanjutkan dengan dr. Ruliando Hasea Purba selaku dosen pembimbing dan terakhir oleh kak Eki selaku ketua markas PMI Jakarta Timur untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang dipandu oleh moderator yaitu Wiwin Hidayati. Pertama, moderator membacakan CV pemateri terlebih dahulu baru kemudian mempersilahkan pemateri untuk menyampaikan materinya. Materi pertama yaitu Dasar-dasar Dukungan Psikososial oleh kak Wahyu Nurwasi Rofiah Sakti atau biasa dipanggil kak Rofi. Materi disampaikan selama 35 menit terhitung dari jam 09.00 hingga jam 09.35 WIB. Setelah materi selesai diberikan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 11 menit dan praktek materi dengan studi kasus melalui platform Quiziz selama 5 menit. Setelah praktik, moderator membacakan salah satu jawaban peserta untuk kemudian dibahas oleh pemateri.

Materi pertama pun selesai pada jam 10.05 dan dilanjut ke materi ke dua yaitu PFA oleh kak Nobelina Adicondro, atau yang akrab dipanggil kak Nobe. Materi disampaikan selama 50 Menit, dilanjukan dengan sesi tanya jawab dan praktek dengan studi kasus seperti pada materi sebelumnya. Materi ke-dua pun selesai pada jam 11.23 WIB. Dan dilanjutkan ke materi ke tiga mengenai Protokol PMI Layanan Dukungan Sosial yang kembali disampaikan oleh kak Rofi. Materi ini membahas tentang materi-materi apa saja yang cocok untuk disampaikan kepada penyintas maupun relawan di dalam wilayah terdampak bencana. Materi disampaikan hingga jam 11.46 WIB, kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing tentang pengalaman pemateri dalam menangani permasalahan psikologi korban terdampak baik dalam bencana ataupun pandemi dilanjutkan dengan penyampaian closing statement masing-masing.

Setelah selesai, Moderator pun mengucapkan terimakasih kepada kedua pemateri dan menutup sesi penyampaian materi pada jam 12.02 WIB. Acara kembali diambil alih oleh MC untuk selanjutnya masuk ke sesi kuis dan pembagian doorprize hingga jam 12.26 WIB, acara kemudian ditutup pada jam 12.32 WIB. Setelah acara ditutup, ruang meeting Zoom pun ditutup, dan panitia melaksanakan ISHOMA dilanjut dengan Operasi semut, kegiatan hari itu pun selesai pada jam 13.07 WIB.

Leave a Comment