Be A Hero for Humanity

Donor Darah I merupakan salah satu Program Kerja Divisi Pengabdian kepada Masyarakat KSR PMI Unit UNJ sebagai bentuk wujud melayani masyarakat khususnya Sivitas Akademika Universitas Negeri Jakarta.
Sudah menjadi tradisi donor darah di UNJ biasanya diadakan 4 kali dalam setahun, tapi tahun ini karena suasana pandemi covid – 19, maka hanya diadakan 2 kali dalam setahun. bahkan pada tahun lalu, program kerja ini sempat terhenti karena kondisi pandemi Covid-19 yang melarang untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang.  Namun, Kegiatan Donor Darah I kali ini kembali dilaksanakan di lingkungan Universitas Negeri Jakarta yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.
Donor Darah I bekerjasama dengan UTD PMI DKI Jakarta berlangsung pada hari Kamis, 1 April 2021 dan bertempat di Aula Latief, Gedung Dewi Sartika Lt. 2, Kampus A, UNJ dengan mengusung tema Give Blood and Be A Hero for Humanity. Donor Darah dihadiri oleh Wakil Rektor III Bid. Kemahasiswaan, Mahasiswa dan Alumni UNJ, Unit Gedung G, serta Anggota dan Alumni KSR PMI Unit UNJ.

 

Kegiatan Donor Darah I dimulai pukul 08.00 WIB. Para pendonor datang dari berbagai fakultas dan prodi di Universitas Negeri Jakarta. Selain itu, masyarakat umum juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, setiap panitia membantu mengarahkan para pendonor yang hadir sesuai dengan prosedur donor darah yang ada. Dimulai dari registrasi dimana pendonor harus mengisi form yang berisi data pribadi dan Riwayat medisnya. Lalu para pendonor diarahkan ke tempat duduk untuk menunggu giliran diperiksa di meja AFTAF. Di meja tersebut, para pendonor akan dites Hemoglobin, golongan darah, dan tekanan darahnya. Di tahap inilah para calon pendonor banyak yang gugur karena tidak memenuhi persyaratan untuk menyumbangkan darahnya.


Kondisi para pendonor setelah menyumbangkan darahnya kerap kali lemas atau bahkan pingsan itu merupakan hal yang wajar jika mengalami gejala seperti itu pasca donor. Oleh karena itu, setelah mendonor  para pendonor akan diarahkan ke velbed pasca donor untuk beristirahat sejenak atau ke meja konsumsi untuk mendapatkan snack yang akan membantu memulihkan kondisi para pendonor. Ketika kondisi sudah mulai pulih, para pendonor bisa berfoto dengan backdrop yang telah disiapkan oleh panitia.
Dalam kegiatan Donor Darah I kali ini didapatkan jumlah pendaftar sebanyak 94 orang dengan 65 orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Kegiatan Donor Darah I merupakan kegiatan Donor Darah pertama yang diadakan dalam periode ini dan saat kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan Donor Darah akan kembali diadakan kembali pada bulan Juni Tahun 2021. Diharapkan kegiatan Donor Darah ini dapat membantu UTD dalam memenuhi kebutuhan permintaan darah yang kian meningkat pada masa pandemic covid-19. (Rizka Putri A. R.)
 

Leave a Comment