KSR PMI Unit UNJ

COVID-19 FIGHTER

            Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

 Palang Merah Indonesia (PMI) membentuk kebijakan  bersama jajarannya melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah virus tersebut. KSR PMI Unit UNJ yang berada dibawah arahan PMI Jakarta Timur ikut serta kedalam tim penyemprotan ini.

ksr pmi unit unj

Kegiatan persiapan dan penyemprotan disinfektan dilakukan dibeberapa wilayah Jakarta Timur mulai jam 7 pagi sampai 5 sore. Kegiatan dilaksanakan dibagi menjadi beberapa tim. Lokasi Spraying adalah tempat yang dijangkau orang banyak, misalnya stasiun, tempat ibadah, sekolahan, instansi pemerintah, penjara, dan daerah zona merah COVID-19.

Dalam melakukan tugas harus siap mental, sehat fisik dan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yaitu : pakaian hazmat, masker, sepatu boot, kacamata dan sarung tangan. Petugas PMI Jakarta Timur tidak mengenal lelah, meskipun mengangkat beban   15 liter disinfektan dan dibawah teriknya matahari, tidak membatasi semangat teman-teman PMI untuk membasmi virus.

Ternyata warga sangat antusias menyambut dan memberikan dukungan, sehingga membuat tim Covid-19 Fighter menjadi tambah semangat.

Leave a Comment