PCAB KSR PMI Unit UNJ di masa Pandemi Covid-19

Penerimaan Calon Anggota Baru (PCAB) merupakan program dari Divisi PSDM KSR PMI Unit UNJ yang dilaksanakan setiap tahunnya. PCAB bertujuan untuk menambah anggota baru yang memiliki kualitas dalam kepalangmerahan dan memiliki jiwa kemanusiaan. Namun, berbeda dari rangkaian PCAB setiap tahunnya, tahun ini rangkaian PCAB dilakukan secara online dikarenakan pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk melakukan rangkaian secara offline. Akan tetapi, keadaan pandemi tidak menyurutkan semangat panitia dan peserta dalam mengikuti rangkaian.

Pada PCAB kali ini mengusung tema “Bersama Kembangkan Potensi, Temukan Jati Diri, Mengabdi Sepenuh Hati”. Diharapkan pada para calon anggota KSR PMI Unit UNJ atau Cakas dapat menemukan jati dirinya sebagai seorang relawan yang nantinya dapat mengabdi sepenuh hati demi kemanusiaan.

Pemateri sedang mempraktekkan dengan bantuan alat peraga
Diklat PCAB KSR PMI Unit UNJ

PCAB memiliki beberapa rangkaian, diantaranya: sosialisasi, endaftaran, pendidikan dan latihan (DIKLAT), aplikasi materi serta pengukuhan dan penyematan. Agenda PCAB diawali dengan sosialisasi selama satu bulan terhitung sejak tanggal 13 Agustus sampai 26 September 2020. Berbeda dari kegiatan sosialisasi sebelumya dimana KSR PMI Unit UNJ membuka stand di pelataran Gedung G Kampus A UNJ, pada tahun ini KSR PMI Unit UNJ memanfaatkan media sosial seperti instagram dan youtube untuk mempromosikan kegiatan Penerimaan Calon Anggota Baru. Lalu, pendaftaran dibuka tanggal 1 September sampai 26 September 2020 dan berhasil mendapatkan 143 pendaftar. Setelah melakukan pendaftaran, para calon anggota mengembalikan formulir serta mengikuti briefing peserta untuk mengikuti diklat.

Para calon anggota atau yang biasa disebut “Cakas” mengikuti pendidikan dan latihan (DIKLAT) yang dilakukan pada tanggal 3 Oktober sampai 25 Oktober 2020 setiap hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan diklat ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dengan membagi cakas menjadi dua kelas. Pada diklat ini, para cakas diberi materi seputar kepalangmerahan, pertolongan pertama, serta materi tambahan lainnya. Kemudian para cakas mengaplikasikan materi yang sudah didapat selama diklat dalam agenda Aplikasi Materi. Pada aplikasi materi ini cakas diuji pengetahuannya mengenai kepalangmerahan, pertolongan pertama, serta materi lain seperti obat-obatan dan Psychological First Aid. Cakas yang mengikuti kegiatan aplikasi materi berjumlah 48 orang.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan, tibalah rangkaian terakhir pada PCAB, yaitu pengukuhan dan penyematan yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020. Pada kegiatan ini dilakukan secara semi online dimana ada 10 cakas yang berdomisili di Jakarta datang ke Kampus A UNJ untuk disematkan secara langsung. Meskipun penyematan dilakukan secara langsung, para cakas serta panitia tetap mengikuti protokol kesehatan seperti mensterilkan tempat dengan disinfektan, memakai masker, sarung tangan lateks, face shield, dan menjaga jarak. Apel penyematan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Plaza UNJ dan Zoom Meeting. Penyematan dilakukan dengan menyematkan 10 cakas sebagai simbolis bahwa 36 cakas telah resmi menjadi anggota KSR PMI Unit UNJ. Ke-36 anggota baru telah resmi menjadi anggota KSR PMI Unit UNJ angkatan 28 dengan nama angkatan MAHARDIKA (Melampaui Hambatan dan Jarak untuk Mengabdi Demi Kemanusiaan).

Leave a Comment