Relawan Muda Mengikuti Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) KSR PMI Unit Perguruan Tinggi se-Indonesia Tahun 2022

Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia dilaksanakan pada tanggal 21-28 Juli 2022. Peserta pelatihan berjumlah 27 orang yang berasal dari 23 KSR PMI Unit Perguruan Tinggi yang tersebar di Indonesia dari 13 provinsi yang meliputi: KSR PMI Unit Universitas Bangka Belitung (Bangka Belitung), KSR PMI Unit IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (Bangka Belitung), KSR PMI Unit Universitas Jambi (Jambi), KSR PMI Unit Universitas Andalas (Sumatera Barat), KSR PMI Unit Universitas Negeri Padang (Sumatera Barat), KSR PMI Unit Universitas Negeri Jakarta (DKI Jakarta), KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (DKI Jakarta), KSR PMI Unit Universitas Komputer Indonesia (Jawa Barat), KSR PMI Unit Universitas Suryakancana (Jawa Barat), KSR PMI Unit Universitas Jenderal Achmad Yani (Jawa Barat), KSR PMI Unit Universitas Jendral Soedirman (Jawa Tengah), KSR PMI Unit Universitas Sebelas Maret (Jawa Tengah), KSR PMI Unit Univesitas Sanata Dharma (Yogyakarta), KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta (Yogyakarta), KSR PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Jawa Timur), KSR PMI Unit Universitas Trunojoyo Madura (Jawa Timur), KSR PMI Unit UIN Mataram (Nusa Tenggara Barat), KSR PMI Unit Univesitas Palangka Raya (Kalimantan Tengah), KSR PMI Unit IAIN Pontianak (Kalimantan Barat), KSR PMI Unit 01 IAIN Pare-Pare (Sulawesi Selatan), KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Makassar (Sulawesi Selatan), KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Gorontalo (Gorontalo), KSR PMI Unit 01 Universitas Khairudin Ternate (Maluku Utara).

Pada tanggal 20 Juli 2022 diadakannya technical meeting Peserta, di Gedung Ki Hajar Dewantara lantai 9. Pada techincal meeting ini peserta diberitahukan tentang kegiatan yang akan dilakukan selama pelatihan dan juga diberitahu tata tertib yang harus dipatuhi selama kegiatan.

 

Pelatihan MTDB yang bertema “Membentuk Relawan yang Tangguh, Tanggap, dan Siap dalam Menghadapi Bencana” telah dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Drs. H. Isnawa Adji, M.A.P. serta sebagai perwakilan Gubernur DKI Jakarta pada Kamis, 21 Juli 2022 di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana lantai 2 UNJ. Kegiatan ini dihadiri oleh para Pejabat yaitu Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan (diklat), Dr. Ir. Andi Usman Gumanti, SE.,SIP., M.M., Kepala Markas PMI Provinsi DKI Jakarta, pak Andi Angger Sutawijaya, S.P. Ketua PMI Jaktim, Drs. H. R. Kridianto, M.Si, beserta jajarannya. Ketua pelaksana BPBD, Drs. H. Isnawa Adji, M.A.P. beserta jajarannya, Kepala Sub Direktorat Pemulihan Prasarana Vital BNPB, Dr. Asep Supriatna, SE, MM beserta jajarannya, Perwakilan Staf WR III, Pak Shandy Aditya, BIB., MPBS. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh KSR Markas Jakarta Utara, KSR PMI UIN Jakarta, dan KSR PMI Unit UNINDRA, Anggota-Alumni, dan 17 Tamu dari unit gedung G. 

   

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan khas betawi yaitu gambang kromong persembahan dari SMKN 49 Jakarta. Kemudian dilanjut dengan de village sekaligus penyematan peserta secara simbolis.

Di hari pertama hingga hari keempat peserta mendapatkan materi pelatihan manajemen tanggap darurat bencana sebanyak 13 materi yang disampaikan oleh para fasilitator dan narasumber yaitu Herman, S. Kom.(PMI DKI Jakarta), Aliya Kemala Putri, S.FT. (PMI DKI Jakarta), Ridwan S. Carman (PMI Pusat), Esra Selena Tulipvia, S.Psi, M.Psi. (PMI Kota Bekasi), Ahmad Fadhli (PMI Kota Adm. Jakarta Timur), Euis Komalasari (PMI Kota Adm. Jakarta Timur), Farah Putri Arijani (PMI Kota Adm. Jakarta Timur).

Pada tanggal 25 Juli 2022, Peserta melakukan Practical skill yang dimana Peserta dibagi menjadi beberapa tim KSR yang kemudian diberikan kasus bencana dalam suatu daerah. Peserta diminta untuk siap dalam menghadapi bencana dan dapat berkoordinasi dalam tim relawan yang telah dibentuk. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Dewi Sartika lantai 9, UNJ.

   

Pada Rabu, 26 Juli 2022 Peserta melakukan aksi sosial dengan turun langsung ke masyarakat. Lokasi aksi sosial yang dipilih merupakan wilayah rawan banjir tepatnya di kecamatan Sukapura, Jakarta Utara. Peserta melakukan aksi sosial dengan memberikan penyuluhan dengan tema siaga banjir. Tidak hanya memberikan penyuluhan kepada warga, peserta juga membagi-bagikan hygiene kit berupa masker, sabun, hand sanitizer dan alat kebersihan.

 

Dihari yang sama, pada malam harinya dilanjut dengan agenda malam budaya dimana peserta yang berasal dari provinsi yang berbeda menampilkan karya atau persembahan khas daerah masing-masing. Peserta tampil dengan pakaian adat yang dibawa dari daerah masing-masing. Penampilan yang telah disiapkan oleh peserta sangat berkesan karena pada kegiatan ini peserta dapat saling mengenalkan ciri khas dan kebudayaannya masing-masing.

Kegiatan di hari ketujuh tanggal 27 Juli 2016 yaitu Refreshing Humanity. Peserta bersama panitia berkunjung ke PMI Pusat, Museum Fatahillah dan Dunia Fantasi. Peserta memperkenalkan diri dan asal KSR PMI Unit Perguruan Tinggi masing-masing dan berbincang hangat dengan karyawan PMI lainnya. Kunjungan yang kedua yaitu Museum Fatahillah yang dikenal dengan Museum Kota Jakarta. Peserta diperkenalkan sejarah kota Jakarta dan ornamen-ornamen bersejarah yang terdapat dalam museum tersebut. Peserta berkeliling, berbelanja dan foto bersama di depan gedung sejarah Jakarta yaitu Museum Fatahillah. Wisata yang terakhir yaitu di Dunia Fantasi.

Di akhir kegiatan tepatnya pada Kamis, 28 Juli 2022 merupakan penutupan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tahun 2022 berlangsung di Aula Bung Hatta Gedung Pasca Sarjana lantai 2 UNJ. Penutupan dihadiri oleh para pejabat dari berbagai instansi yang telah mendukung kegiatan ini, UKM UNJ dan relasi-relasi KSR PMI Unit UNJ . Beberapa pejabat yang hadir yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ, Prof. Dr. Suyono, M.Si, Staf perwakilan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Taryudi, M.T., Ph.D., Kepala Seksi Pencegahan BPBD, Rian Sarsono, Direktur Pendistribusian Badan Amil Zakat Nasional RI, Ahmad Fikri, M.Pd, NLP., Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PMI DKI Jakarta, Dr. Ir. Andi Usman Gumanti, MSE., SIP., MM. Sebagai Pejabat kampus Universitas Negeri Jakarta, Wakil Rektor Bidang Akademik yaitu Prof. Dr. Suyono, M.Si menutup secara resmi acara ini dengan pemukulan gong. Dilanjut dengan pemberian piagam penghargaan sebagai peserta Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana KSR PMI Unit Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tahun 2022 secara simbolisasi yang diwakilkan oleh peserta putra dan putri.

Di Dalam acara ini juga menampilkan hiburan yaitu Band dari SMKN 49 Jakarta dan penampilan dari Unit Kesenian Mahasiswa UNJ yang menampilkan Tari Tradisional Jakarta yaitu Tari Ronggeng Ngayap. Di Tengah acara terdapat pengumuman peserta terbaik dan pengumuman pemenang lomba esai kebencanaan. Peserta Terbaik I diberikan kepada Agu Sujana dari KSR PMI Unit Universitas Jambi, Peserta Terbaik II diberikan kepada Muhammad Bagas Firmansyah dari KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pemenang lomba esai kebencanaan diraih oleh Naufal Azhar Faiq dari KSR PMI Unit Universitas Jenderal Soedirman sebagai Juara I, Rama Yuzil Ikhsan dari KSR PMI Unit Universitas Andalas sebagai Juara II dan Ficky Dian Saputra dari KSR PMI Unit Universitas Trunojoyo Madura sebagai Juara III. Di Penghujung acara melakukan foto bersama dan menikmati berbagai hidangan khas jakarta yang telah disediakan.

Leave a Comment