Bersinergi Mengoptimalkan Jiwa Relawan yang Berkarakter dan Berkompeten

Penerimaan Calon Anggota Baru (PCAB) KSR PMI Unit UNJ angkatan ke-30  pada tahun 2022 mengusung tema “Bersinergi Mengoptimalkan Jiwa Relawan yang Berkarakter dan Berkompeten”. Hal ini bertujuan agar Anggota baru KSR PMI Unit UNJ yang terbentuk nantinya menguasai bidang kepalangmerahan baik dalam materi maupun praktik. Tidak hanya itu, diharapkan juga Anggota baru akan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi.  Jiwa kemanusiaan ini tentunya merupakan dasar yang paling dibutuhkan saat menjadi relawan.

PCAB memiliki beberapa rangkaian, diantaranya: sosialisasi, pendaftaran, pendidikan dan latihan (DIKLAT), aplikasi materi serta pengukuhan dan penyematan. Agenda PCAB diawali dengan sosialisasi selama satu bulan. Berbeda dari kegiatan sosialisasi sebelumya dimana KSR PMI Unit UNJ membuka stand di pelataran Gedung G Kampus A UNJ, pada tahun ini KSR PMI Unit UNJ juga ikut meramaikan dengan menyelenggarakan G-EXPO bersama Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya Gedung G di Kampus B, serta memanfaatkan media sosial seperti instagram dan youtube untuk mempromosikan kegiatan Penerimaan Calon Anggota Baru. Lalu, pendaftaran dibuka tanggal 22 Agustus sampai 16 September 2022 dan diperpanjang hingga tanggal 22 September 2022 dan berhasil mendapatkan sebanyak 74 orang pendaftar, sepuluh orang pendaftar pertama mendapatkan hygiene-kit dan gantungan kunci yang bertujuan untuk menarik minat mahasiswa baru bergabung ke KSR PMI Unit UNJ. Setelah melakukan pendaftaran, para calon anggota mengembalikan formulir serta mengikuti briefing peserta untuk mengikuti diklat.

Puluhan Calon Anggota KSR PMI Unit UNJ (Cakas) memenuhi Aula Latief, Gedung Dewi Sartika, Kampus A, UNJ untuk mengikuti pendidikan dan latihan hari pertama. Pendidikan dan Latihan (Diklat) Penerimaan Calon Anggota Baru (PCAB) telah diadakan selama delapan kali. Kegiatan ini dilaksanakan terhitung mulai dari hari Sabtu, 24
September 2022 sampai hari Minggu, 16 Oktober 2022. Terdapat 24 materi yang diberikan dalam PCAB kali ini, antara lain: Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah serta Organisasi KSR, Pengenalan Organisasi KSR PMI Unit UNJ, Dasar Pertolongan Pertama, Anatomi Tubuh Manusia dan Faal Dasar, Penilaian Penderita, dan lain sebagainya. Pemberian materi dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

 

Hari pertama atau pembukaan diklat dilaksanakan  pada hari Sabtu, 24 September 2022. Pembukaan ini dihadiri oleh Pengurus, Anggota, Alumni, dan Dewan Penasihat KSR PMI Unit UNJ, serta tamu undangan. Ketua Pengurus PMI Jakarta Timur, Bapak Drs. HR Krisdianto turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara pembukaan.

Diklat selanjutnya dilakukan di Gedung Dewi Sartika lantai 10 dan Aula Bung Hatta lantai 2. Khusus pada pendidikan dan latihan (Diklat) ketiga, Cakas dibawa langsung ke Kantor Unit Donor Darah, DKI Jakarta. Sedangkan pada Diklat ketujuh, pelaksanaan Diklat di Kantor PMI Jakarta Timur untuk belajar bersama beberapa Pengurus PMI Jakarta Timur secara langsung.

Selain itu, pada hari terakhir diklat atau diklat kedelapan, Cakas melakukan praktik membangun tenda di UNJ yang dibantu pemateri dari Eka Citra UNJ. Setelah dua tahun dilakukan secara daring dan hybrid, PCAB tahun ini membuatnya lebih berkesan karena seluruh materi diklat yang diterima dilakukan secara luring.

 

Setelah melaksanakan Diklat satu sampai delapan, selanjutnya Aplikasi Lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022 yang bertujuan untuk pengaplikasian dari materi-materi diklat. Aplikasi Lapangan ini
terdiri dengan beberapa pos sesuai dengan materi diklat mulai dari pertolongan pertama, emergency kit, Tenda dan Dapur Umum, Pertolongan Korban Banyak (PKB) dan Pelaporan.

 

Leave a Comment